Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Kamis, 03 November 2011

postheadericon Masalah Sosial Yang Terjadi Akibat Penyimpangan Aktualisasi Diri

Aktualisasi diri adalah kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari apa yang dia bisa. Dari sebab itulah, tidak menutup kemungkinan jika aktualisasi dalam diri setiap manusia memberikan dampak yang tidak baik, atau bahkan menyimpang menjadi masalah sosial yang ada di lingkungan kita sekarang.

1. Menjadikan diri setiap manusia akan lebih cenderung memikirkan dirinya sendiri (egois). Ini terjadi karena seseorang merasa dirinya lebih baik diantara orang lain, dengan melakuakn hal-hal yang tidak bisa dilakuakn oleh orang lain.

2. Menghalalkan segala cara untuk mencapai suatu tujuan yang dia mau. Agar seseorang dapat mencapai tujuannya banyak sekali orang yang menghalalkam segara cara. Mungkian karena dia selalu gagal dalam cara yang benar, sehingga dia frustrasi akan kegagalannya. Maka dari itu dia mencari jalan yang lebih praktis, cepat dan pasti berhasil. Tidak peduli dengan resiko yang akan dia dapat, yang terpenting dalam dirinay dia berhasil dalam suatu bidang tersebut.

3. Tingkat kenakalan yang berlebiahan. Sperti remaja di zaman yang semakin modern ini sudah melbihi batas sewajarnnya. Banyak anak-anak di bawah umur yang melakuakn seks bebas, tindakan kriminal, memakai obat-obat terlarang dan sebagainnya.
Factor-faktor yang menyebabkan masalah ini adalah
  • Rasa ingin tahu yang begitu besar, ini membuat sang anak akan mencoba hal-hal yang yang ekstrim. Dengan mencoba narkotika, obat-obatan dan lain sebagainnya. Lalu sang anak akan kecanduan dan melakuakn hal-hal lebih dari batas sewajarnnya lagi.
  • Adanya kesempatan, ini terjadi karena keadaan orang tua yang begitu sibuk sehingga sang anak kurang rasa kasih sayang dari orang tua. Sehingga membuat anak itu tidak betah dirumah dan bisa pepergian kemanapun yang dia mau.
  • Sifat tertutup, ini membuat sang anak  susah bersosialisai dengan orang disekitarnnya. Sehingga ketika dia mendapatkan masalah dia tidak dapt bercerita kepada orang lain, dan akhirnnya dia memilih untuk menyelesaikan masalannya dengan minum-minuman keras dan juga mencoba obat-obatan terlarang.
  • Pengaruh teman pergaulan yang negatif , sehingga mereka akan ikut-ikutan.
4. Cenderung Sombong karena sudah mencapai segalannya.

Egois
Menghalalkan Segala Cara

Kenakalan Remaja

Sombong

0 komentar:

Visitor My Blog

Clock

About Me

Foto Saya
Edi Kurniawan
Lihat profil lengkapku