Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Kamis, 03 November 2011

postheadericon Pengalaman Pribadi Saya Tentang Aktualisasi Pengembangan Kedewasaan Diri

          Pada saat itu saya sedang duduk di bangku kelas 1 SMK, dimana masa-masanya seorang remaja dapat bergaul dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Tapi saya cenderung anak yang malas berhubungan dengan orang lain ataupun bergaul. Saya hanya mau bergaul dengan orang yang satu tipe dengan saya, itu yang membuat saya kurang mempunyai banyak teman dan susah bergaul, hal itu terus berjalan sampai saya naik ke kelasa 2. Suatu ketika teman SD saya yang bernama Dara tiba-tiba dia menghubungi saya. Kami pun saling bercerita tentang keadaan kami sekarang, tiba-tiba dia bercerita tentang bisnis yang sedang dia jalankan. Dan dia ingin mengajak saya untuk berbisnis dengannya. Dia pun hanya bercerita  tentang point-point penting bisnisnya, dengan mengatakan bisnis Personal Franchise. Saya pun tidak curiga sama sekali dengan bisnis yang namanya personal franschise, karena saya benar tidak tau apa itu personal franchise. Akhirnnya dia pun mengatur jadwal untuk dapat bertemu dengannya dan menjelaskan bisnisnnya lebih dalam dan lebih detail lagi.
         Tibalah saatnya pertemuan saya dengannya, dia pun menjelaskan dengan begitu lugasnya. Saya pun terkagum dengannya, karena dahulu saya mengenal dia, dia adalah anak yang pendiam dan susah bersosialisasi orang. Karena terkesan akan perubahannya yang sangat signifikan, akhirnnya saya pun memutuskan untuk bergabung dalam bisnisnnya. Saya berfikir bahwa bisnis ini pun dapat  membawa perubahan dalam diri saya.
         Suatu ketika saya diajak untuk pergi kerumah temannya, disana saya diperkenalkan oleh teman-teman bisnisnya, saya sangat kaku, karena saya tidak mengenal mereka semua. Tapi lama-kelamaan saya pun dapat mengenal mereka semua dan mampu berteman akrab dengan mereka. Disini saya di ajarkan cara bersosialisasi dengan orang, memahami karakter seseorang, dan menjadi public speaking (pembicara umum) yang baik. Awalnnya saya langsung berkeringat dingin ketika berhadapan dengan orang lain, untuk mempresentasikan bisnis yang saya miliki kepada orang yang saya tidak kenal. Karena sering mencoba dan melakukannya saya jadi terbiasa dan tidak takut lagi untuk bicara bisnis kepada orang lain. Seiring waktu berjalan pengembangandiri saya pun terus megalami kemjuan, ini membuat saya dapat berteman dan bersosialisasi dengan semua orang dari berbagai karakter.
         Tibalah saatnya saya ditunjuk untuk menjadi MC didalam pertemuan bisnis yang dihadiri kurang lebih 300-400 orang. Jantung saya berdebar dengan kencangnnya karena harus berbicara didepan 300-400 orang. Tapi saya yakinkan diri saya  “Satu-satunya cara untuk mengalahkan rasa takut adalah melakukannya”. Dan acara pun berlangsung sukses tanpa ada sedikit kesalahan kata yang saya ucapkan. Dari situ saya mulai berfikir betapa pentinggnya people skill (ilmu berhubungan dengan orang lain) dalam kehidupan ini. Dan sampai saat ini saya terus memakai ilmu yang diajarkan dalam bisnis personal franchise tersebut. Dan menurut saya itu adalah naluriah saya untuk melakukan yang terbaik dari apa yang tidak bisa saya lakukan menjadi bisa.

1 komentar:

kunto wicaksono wibowo mengatakan...

Terima kasih, artikel yang menarik~
Kunjungi :

Website Kami
Website Kami

Visitor My Blog

Clock

About Me

Foto Saya
Edi Kurniawan
Lihat profil lengkapku